Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jelang Tutup Usia, Yana Zein Sering Minta Dipeluk

Kamis 01 Jun 2017 16:29 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Mendiang Yana Zein disemayamkan di Rumah Duka RS Fatmawati, Kamis (1/6). Yana meninggal akibat kanker.

Mendiang Yana Zein disemayamkan di Rumah Duka RS Fatmawati, Kamis (1/6). Yana meninggal akibat kanker.

Foto: Republika/Reja Irfa Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendiang aktris Yana Zein menunjukkan beberapa hal tak biasa jelang tutup usia di RS Mayapada, Jakarta, Kamis (1/6) dini hari. Asisten mendiang, Hernia Puspita yang biasa disapa Nita mengatakan, Yana sering minta dipeluk dan minta dimandikan sebersih-bersihnya.

"Kalau malam dia sering minta tangan dan kakinya dipegang, minta dipeluk, bilang dalam hatinya punya rasa ketakutan. Saya katakan untuk berdoa sebanyak-banyaknya kepada Tuhan, minta pertolongan," ujar Nita saat dihubungi Republika.co.id.

Yana yang lahir di Moskow, 27 Agustus 1972, meninggal dunia setelah lama berjuang melawan kanker payudara stadium IV yang sudah menyebar ke area liver. Sejak dua tahun silam, mendiang telah mengidap kanker dan sempat berobat selama empat bulan terakhir di Cina.

Nita menyampaikan, Yana pulang kembali ke Indonesia dari Cina pada Ahad (28/5) dan bersikap seolah sehat di hadapan keluarga. Jadwal kepulangan itu disebut Nita dipercepat oleh tim dokter dari rencana awal pada 30 Mei 2017.

Kejanggalan lain, sepekan sebelum bertandang pulang, Yana kerap meminta Nita mengantarnya berkeliling pasien sesama warga Indonesia di rumah sakit tersebut. Lantas, ia berpamitan kepada tiap pasien yang dikenalnya.

Sesampainya di Indonesia pun, Yana meminta Nita membelikannya pakaian serba kuning dari atasan hingga kaus kaki serta rambut palsu bergaya. Mendiang pun meminta Nita agar tidak banyak bercerita kepada sang ibunda dan anak-anak Yana mengenai kondisi penyakitnya secara detail.

"Semua dibohongi, seolah Mbak Yana sudah fresh. Mau menunjukkan ke anak-anak kalau dia sehat-sehat. Mohon doanya saja dari semua," kata Nita mengenang Yana yang meninggalkan dua putri, Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA