Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

Dominasi Meghan Markle dan Kerajaan Inggris di 2018

Jumat 28 Dec 2018 13:31 WIB

Red: Didi Purwadi

 Ani Nursalikah

Ani Nursalikah

Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Berita seputar bayi kerajaan Inggris tampaknya masih akan mendominasi tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ani Nursalikah

Redaktur Republika.co.id

Pagi 19 Mei 2018, sekitar 29 juta pasang mata di Amerika Serikat menyaksikan Pangeran Harry dan Meghan Markle mengikat janji suci di St George's Chapel di Windsor. Kisah tentang pernikahan anggota keluarga Inggris selalu menarik diikuti.

Tahun ini tampaknya menjadi tahun dimana Harry dan Meghan menjadi orang yang paling banyak menyita perhatian publik. Meghan adalah seorang aktris Amerika. Dia dikenal publik berkat perannya di serial televisi Suits.

Meghan menjadi perwujudan mimpi para perempuan yang ingin menjadi bagian dari keluarga kerajaan. Siapa sangka remaja 15 tahun yang berpose di depan Istana Kensington itu kini justru menjadi orang yang tinggal di istana megah tersebut.

Kisah mengenai keluarga Kerajaan Inggris memang tidak ada habisnya. Dahaga publik terhadap anggota kerajaan seakan tidak pernah terpuaskan.

Hal yang tidak akan pernah terlupa adalah cerita cinta antara Putri Diana dengan Putra Mahkota Inggris Pangeran Charles. Kisahnya berakhir tragis dengan seluruh dunia menumpahkan simpatinya kepada Diana. Charles pun menikahi pujaan hatinya, Camilla Parker Bowles atau yang kini menyandang Duchess of Cornwall.

Kisah kehidupan keluarga kerajaan saat ini beralih pada generasi berikutnya. Putra sulung Diana dan Charles, William membuat tajuk utama di seluruh dunia ketika ia menikah dengan Catherine Middleton. Pernikahan mereka berlangsung pada 29 April 2011.

Kate dan Pangeran William dianugerahi dua putra dan seorang putri. Tahukah Anda? Pasangan ini adalah pasangan kerajaan Inggris pertama dalam 200 tahun yang tidak hamil setahun setelah menikah.

Selama tujuh tahun, media tidak pernah lelah memuat berita tentang Kate dan William. Banyaknya pemberitaan juga berarti banyak publik yang penasaran dengan kehidupan keduanya.

Kebanyakan pemberitaan bernada positif. Kate dipuji karena tidak segan mengenakan gaun atau pakaian dengan merek yang sama dengan 'rakyat jelata'. Kate juga bukan orang yang boros dengan pakaian. Beberapa pakaian ia kenakan berulang kali.

Pangeran Harry menyusul jejak kakaknya tahun ini. Meghan menjadi perempuan keturunan kulit hitam pertama yang menjadi anggota Kerajaan Inggris.

Pemberitaan soal Meghan santer terdengar hampir sepanjang tahun ini. Bisa dibilang 2018 adalah tahunnya Meghan.

Menurut Google Trends, Meghan adalah orang yang paling dicari di dunia selama 2018. Sedangkan pemberitaan mengenai pernikahan kerajaan atau royal wedding menduduki posisi keempat. Meghan juga muncul di urutan enam pencarian teratas Google.

Tampaknya semua orang di dunia penasaran dengan kehidupan Meghan (dan Harry). Belum lagi soal kasak-kusuk alasan kepindahan pasangan itu dari Istana Kensington ke Frogmore Cottage di Istana Windsor.

Sejak menjadi anggota kerajaan, satu hal yang menjadi sorotan adalah pilihan berbusana Meghan. Sudah menjadi rahasia umum Kerajaan Inggris memiliki sejumlah aturan dalam berbusana.

Duchess of Sussex ini beberapa kali tertangkap kamera melanggar aturan kerajaan. Dia tercatat beberapa kali mengenakan celana saat kunjungan. Para perempuan kerajaan diharapkan mengenakan gaun saat kunjungan.

Meghan juga pernah melupakan stoking saat mengumumkan pertunangannya dan ketika acara makan malam amal di Victoria Palace Theatre di London. Aturan kerajaan mewajibkan stoking ketika memakai gaun atau rok.

Ratu Elizabeth II dilaporkan lebih senang jika anggota kerajaan memakai warna hitam hanya saat duka. Namun, Meghan terlihat beberapa kali mengenakan gaun hitam.

Pada acara penghargaan The Fashion Awards 2018, Meghan terlihat mengenakan cat kuku warna burgundi. Perempuan anggota Kerajaan seharusnya memilih warna cat kuku yang netral, seperti pink pucat. Kate menyiasati aturan ini dengan mengenakan cat kuku warna merah di kakinya saat acara yang tidak dihadiri Ratu.

Sekadar pengingat, ada sejumlah momen anggota Kerajaan Inggris yang menyita perhatian publik dunia. Pertama, kelahiran anak ketiga Pangeran William, Pangeran Louis pada 23 April. Louis berpotensi menjadi seorang raja suatu saat nanti.

Momen kedua terjadi saat Meghan berjalan seorang diri di lorong gereja ketika ia akan mengucap janji setia pernikahan. Ayah mertuanya, Pangeran Charles kemudian mendampinginya saat ia mendekati altar. Setelah ia sampai di altar, Pangeran Harry menyambutnya dengan ucapan "Kamu sangat cantik".

Jangan lupakan juga saat Meghan dan Harry mengungkapkan sedang menanti anak pertama lima bulan usai menikah. Dengan kelahiran bayi mereka sekitar musim semi 2019, berita seputar bayi kerajaan Inggris tampaknya masih akan mendominasi tahun depan.

Selain Meghan dan Harry, pernikahan anggota kerajaan juga terjadi tahun ini. Putri Eugenie menikah dengan Jack Brooksbank. Putri Eugenie adalah anak bungsu Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson yang juga sepupu Harry dan William.

Saat menikah ia mengenakan gaun berpotongan rendah di bagian punggung. Dia sengaja memilih gaun itu untuk menunjukkan luka bekas operasi skoliosisnya. Ini membuat keluarga Kerajaan Inggris mendominasi pemberitaan selebritas sepanjang 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA