Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Kerajaan Inggris Terapkan Aturan Ketat Memakai Tiara

Ahad 14 Oct 2018 12:40 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Putri Eugenie dari York dan suaminya Jack Brooksbank usai upacara pernikahan di St George's Chapel, Windsor Castle, Inggris, Jumat (12/10).

Putri Eugenie dari York dan suaminya Jack Brooksbank usai upacara pernikahan di St George's Chapel, Windsor Castle, Inggris, Jumat (12/10).

Foto: Andrew Matthews, Pool via AP
Tiara adalah perhiasan yang digunakan untuk acara formal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tiara bukan sekadar perhiasan biasa yang dikenakan oleh wanita-wanita ningrat di Eropa. Di Kerajaan Inggris, tiara tidak bisa dikenakan sembarangan. Ada aturan-aturan tertentu yang membatasi boleh tidaknya seorang wanita menyematkan tiara di atas kepalanya.

Baca Juga

Menurut pakar etiket Kerajaan Inggris, Grand Harrold, baik Meghan Markle maupun Kate Middleton wajib mengikuti aturan tersebut. Mereka tidak diizinkan menggunakan tiara sebelum pukul 18.00. Aturan itu mungkin kedengaran aneh dan kolot. Namun kebijakan tersebut dibuat karena tiara adalah perhiasan yang spesial.

Dilansir di Marie Claire, Harrold menjelaskan, ketika menikah, Meghan Markle mengenakan tiara Sapphire Bandeau Ratu Mary. Tiara itu dikeluarkan langsung dari kotak penyimpanan sang ratu dan dibuat pada 1932.

Sapphire Bandeau awalnya dirancang untuk nenek Ratu Mary. Sementara itu, Kate Middleton menggunakan tiara Cartier Halo di hari ia menikah dengan Pangeran William. Tiara itu dihiasi hampir 1.000 butir berlian.

Ada pengecualian di mana tiara boleh dikenakan sebelum pukul 18.00, yaitu ketika hari pernikahan. Namun sebelum upacara pernikahan berlangsung, tiara tetap harus disimpan dengan penjagaan ketat karena dianggap sebagai aksesori yang sangat berharga.

Pada dasarnya, tiara adalah perhiasan yang digunakan untuk acara formal. Maka tak heran Kate pernah terlihat mengenakan tiara The Cambridge Lover's Knot pada Desember silam dalam sebuah acara diplomatik. Tiara Cambridge adalah tiara favorit mendiang Putri Diana.

Hanya wanita yang sudah menikah yang boleh memasang tiara di atas kepalanya. Ini artinya Putri Beatrice, sepupu Pangeran William dan Harry, belum diperbolehkan memakai tiara. Sedangkan saudarinya, Putri Eugenie, yang menikah pada 12 Oktober silam sudah boleh mengenakan tiara.

Di hari pernikahannya dengan Jack Brooksbank, banyak orang mengira Putri Eugenie akan memilih tiara York Diamond. Tiara itu adalah tiara yang dikenakan ibunya, Duchess of York, ketika menikah dengan Pangeran Andrew pada 1986.

Namun ternyata dugaan publik meleset. Eugenie membuat kejutan dengan tidak mengikuti jejak sang ibu. Eugenie memilih mengenakan tiara The Greville Emerald milik nenek moyangnya yang dibuat pada 1921.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA