Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

10 Bintang Hollywood yang Sangat Peduli Lingkungan (2-Habis)

Selasa 23 Apr 2019 07:08 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio

Foto: Reuters
Sejumlah bintang Hollywood telah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, Hollywood telah melahirkan bintang-bintang besar yang juga sangat peduli dengan lingkungan. Sejumlah sutradara dan pemain peran menunjukkan kepeduliannya dengan mengurangi pemakaian bahan yang meninggalkan jejak karbon tinggi hingga mempromosikan kesadaran terhadap lingkungan.

Dalam perayaan Hari Bumi pada 22 April, The Hollywood Reporter menyorot 10 bintang Hollywood yang membuat komitmen sangat signifikan terhadap kepedulian dan pemeliharaan lingkungan. Berikut bagian kedua dari dua tulisan yang mengulasnya:

Baca Juga

5. Leonardo DiCaprio

Dijuluki The Greenest Guy di Hollywood, Leonardo DiCaprio telah membuat langkah signifikan dalam konservasi. Dia telah berinvestasi di perusahaan vegan dan menyumbangkan jutaan dolar untuk membantu konservasi satwa liar dan memerangi perubahan iklim. DiCaprio juga telah berinvestasi di Allbirds, merek sepatu yang menggunakan bahan ramah lingkungan. Untuk semua upayanya, PBB memberi penghargaan dengan gelar Messenger of Peace on Climate Change.

6. Natalie Portman

photo
Natalie Portman

Natalie Portman percaya bahwa semua aktivis terkait dengan dirinya menganut veganisme hingga feminisme. Para vegan yang sadar lingkungan meriwayatkan sebuah film berjudul Eating Animals pada 2018 dan film itu telah membangkitkan kesadaran Portman tentang kehancuran dan kengerian industri daging.

"Ini seperti mengubah sesuatu yang sebenarnya mudah jika masyarakat memiliki tekad untuk mengubahnya karena perubahan ini tidak perlu membuat sesuatu dulu. Ini seperti kembali ke praktik lama," kata Portman kepada The Hollywood Reporter.

Portman juga membuat sepatu yang hasilnya ia sumbangkan ke organisasi nirlaba The Nature Conservancy.

7. Mark Ruffalo

photo
Mark Ruffalo

Mark Ruffalo yang merupakan anggota dari organisasi bernama Hollywood United for Healthy California menantang sikap Barack Obama tentang perubahan iklim pada 2015 lalu. Begitu ia menyadari sikap presiden saat itu terkait pengeboran minyak, ia pun angkat bicara dalam upaya untuk menyelamatkan lingkungan.

Ruffalo juga telah memulai kampanye larangan hydrofracking, yakni metode kontroversial dalam mengekstraksi gas alam. Aktor ini mendapat penghargaan pada 2017 sebagai aktivis Global Wildlife Conservation, khususnya konservasi penyu.

8. Emma Watson

photo
Emma Watson


Pada 2011, Emma Watson berkolaborasi dengan desainer Alberta Ferretti menciptakan produk pakaian ramah lingkungan, bernama Pure Threads. Sejak saat itu, Watson bersungguh-sungguh tentang keterlibatannya dalam gerakan mode ramah lingkungan.

Dia meluncurkan akun Instagram @the_press_tour khusus untuk berbagi tentang pakaian yang dia kenakan dalam Tour Beauty and the Beast. Dalam caption foto di akun tersebut, aktris ini mendidik pengikutnya tentang sejarah merek bajunya dan berbagi tentang standar ramah lingkungan.

9. Olivia Wilde

photo
Olivia Wilde


Seperti Emma Watson, aktris Olivia Wilde telah meluncurkan produk pakaian yang berakar pada mode ramah lingkungan. Untuk menghormati Hari Bumi, ia telah meluncurkan thredUP x Olivia Wilde & Conscious Commerce "Choose Used" capsule collection.

Dengan keinginan besar untuk meningkatkan kesadaran akan dampak lingkungan yang keras akibat industri fashion, Wilde memberikan The Hollywood Reporter pandangannya tentang praktik konsumen yang etis, "Situs-situs seperti thredUP menawarkan merek-merek hebat, penemuan-penemuan unik, ditambah sentuhan yang baik dari daur ulang. Saya senang bermitra dengan mereka dalam menginspirasi orang untuk mengkonsumsi lebih sedikit, dan mendaur ulang lebih banyak untuk memerangi limbah tekstil, serta bersama-sama membangun masa depan mode yang lebih utuh," ujarnya.

10.

photo
Shailene Woodley

Aktris Shailene Woodley dikenal sebagai aktivis perubahan iklim dan aktivis lingkungan. Dia mendirikan All It Takes, sebuah organisasi nirlaba yang mengembangkan sekolah relawan dan komunitas, melalui pembelajaran sosial-emosional eksperimental.

Pada 2018, Woodley menerima penghargaan Children Mending Hearts' Hero for Change. Dia juga mengatakan bahwa 97 persen pakaiannya berasal dari toko barang bekas dan mengkonsumsi air dari mata air segar yang ia dapat ketika sedang mengunjungi alam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA