Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Maudy Koesnaedi Tertantang Perankan Tokoh Astronaut

Jumat 24 May 2019 11:09 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Maudy Koesnaedi

Maudy Koesnaedi

Foto: Republika/Farah Noersativa
Di film Iqro:My Universe, Maudy berperan sebagai ahli botani sekaligus astronaut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maudy Koesnaedi merasa tertantang memerankan tokoh sebagai ahli botani yang juga seorang astronaut. Karakternya itu merupakan peran yang ia mainkan dalam film Iqro:My Universe yang akan tayang pada 11 Juli 2019 mendatang.

Di film tersebut, Maudy berperan sebagai tokoh bernama Tsurayya. “Jadi saya di film Iqro ini jadi Ibu Tsurayya. Dia adalah ahli botani yang mengikuti bahwa tumbuhan itu bisa hidup atau tidak sih di luar angkasa. Jadi sebagai pencontohan bahwa jika tumbuhan bisa hidup di luar angkasa dan ada kemungkinan nggak manusia hidup di luar angkasa ya,” tutur Maudy saat ditemui belum lama ini.

Menurutnya, sosok Tsurayya yang ia perankan merupakan sosok yang sangat berbeda dengan karakter aslinya. Ibu Tsurayya merupakan peneliti dan menyukai sains dan tak suka fesyen serta berdandan. Ibu Tsurayya merupakan peneliti yang belajar terus-menerus dan tak mengerti kehidupan anak-anak. “Jadi modelnya dia kayak serius, jutek. Kadang dia tidak mengerti basa-basi,” ungkap Maudy.

Sebagai orang yang tak terlalu fanatik dengan hal-hal yang berbau astronaut dan ilmu perbintangan, memerankan karakter Tsurayya merupakan sebuah pengalaman baru. Dalam salah satu adegan di film, aktris berusia 44 tahun ini juga sempat mengenakan baju astronaut dan mengunjungi spaceship.

Dia juga merasa perlu banyak berdiskusi untuk mendalami karakter Tsurayya. Istri Erick Meijer ini mengaku sangat berusaha menyebut istilah-istilah yang menggunakan bahasa latin dengan benar. “Makanya berkali-kali berdiskusi dengan penulis naskah 'pengucapannya seperti ini nggak?’,” tutur aktris yang terkenal karena perannya sebagai Zaenab itu.

Salah satu upayanya untuk mendalami perannya adalah dengan berkonsultasi dengan astronaut perempuan Indonesia, Pratiwi Sudarmono. Maudy menanyakan perihal kesulitan-kesulitan serta tantangan ketika menjalani perjalanan luar angkasa.

Dia juga mengaku diberikan sebanyak dua sampai tiga buku mengenai astronomi, astronaut, dan NASA saat menjalani peran sebagai Tsurayya. Maudy juga mencari referensi mengenai astronaut di Youtube dan film-film astronaut.

“Saya membayangkannya luar biasa apa yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan itu dunia kita. Pesan yang akan disampaikan bahwa film ini kita manusia itu bersyukur sekali diberi tempat, bumi, oleh Allah. Tempat memang yang nyaman sekali tinggal di sini. Tinggal bagimana kita sebagai manusia merawat bumi,” ungkap Maudy.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA