Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Klaim Ayah Amerika Bill Cosby Tuai Hujatan Warganet

Selasa 18 Jun 2019 13:01 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Komedian Bill Cosby

Komedian Bill Cosby

Foto: Reuters
Warganet menilai kasus hukum buat Cosby bukan ayah idaman Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor dan komedian Amerika Serikat Bill Cosby mengunggah unggahan hari ayah di media sosial Instagram. Bukannya mendapat simpati, unggahan pria 81 tahun itu malah menuai hujatan dari warganet.

Baca Juga

"Hey, hey, hey. Ayah Amerika di sini. Aku tahu ini terlambat, tetapi untuk para bapak, sebuah kebanggaan dipanggil Ayah. Mari buat hari ini menjadi ikrar baru mencapai tujuan kita, memperkuat keluarga dan komunitas," tulisnya.

Kalimat itu menjadi keterangan pada video lawas yang dibagikan lewat akun @billcosby pada Ahad (16/6) petang. Warganet langsung reaktif membaca kata "Ayah Amerika", sebutan yang digunakan Cosby untuk dirinya sendiri.

"Jangan sampai kalian semua membela pengguna narkoba dan pemerkosa perempuan hanya karena dia mendukung agenda politikmu. Kau bukan ayah favorit Amerika. Jangan menipu diri sendiri," ungkap warganet bernama Luke Krugman mengomentari unggahan Cosby.

Saat ini, Cosby sedang mendekam di penjara SCI Phoenix, Philadelphia, karena dakwaan pemakaian narkoba dan kekerasan seksual. September 2018, pengadilan memberikan vonis hukuman tiga sampai 10 tahun penjara.

Cosby terbukti melakukan penyerangan seksual terhadap mantan administrator Universitas Temple, Andrea Constand pada 2004. Dia menjadi selebritas pertama yang yang dihukum karena pelecehan seksual sejak munculnya gerakan #MeToo.

Ironisnya, ada 50 perempuan yang akhirnya berani bersuara pernah menjadi korban Cosby. Akan tetapi, jeda waktu kasus mereka (kecuali Constand) berlalu terlalu lama untuk menjadi subjek penuntutan pidana.

Juru bicara Cosby, Andrew Wyatt, menginformasikan bahwa sang aktor meminta tolong mempublikasikan unggahan beserta kalimat tersebut. Mantan bintang sitkom "The Cosby Show" itu juga memberikan pidato hari ayah untuk sesama warga binaan pemasyarakatan.

Meski unggahan dipenuhi kecaman, masih ada tanggapan bernada positif di antara 630 komentar. Salah satunya adalah pemilik akun @prettyinpinkplatforms yang agaknya merupakan penggemar berat Cosby.

"Kau adalah ayah televisiku selama bertahun-tahun, terima kasih telah menjadi inspirasi dalam hidupku," tulisnya, dikutip dari laman CNA Lifestyle.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA