Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Gajebo, Menu Wajib Nirina Setiap Lebaran

Rabu 05 Jun 2019 00:13 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Indira Rezkisari

Nirina Zubir

Nirina Zubir

Foto: dok Bango
Nirina mengatakan Gajebo masakan ibunya selalu disantap tiap Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebaran merupakan momen yang paling dinantikan umat Muslim setelah berpuasa sebulan lamanya. Biasanya, di momen Lebaran itu ada hal-hal yang selalu dirindukan.

Bagi aktris Nirina Zubir, ada satu makanan wajib yang selalu dirindukan saat Lebaran. Gajebo, namanya, menu makanan yang selalu dimasak ibu Nirina di momen lebaran. Gulai Gajebo ini merupakan makanan khas Sumatera Barat.

Makanan bercitarasa khas Minang ini menggunakan bahan utama daging sapi, dengan lemak tebal menempel di bagian daging. Tak heran, jika saat disantap, daging Gajebo lumer di mulut. Namun, tentunya kolesterolnya cukup tinggi.

Makanan yang juga disebut Sampade Daging ini disajikan dengan kuah asam padeh yang tidak menggunakan santan. Warna khas dari Gajebo adalah kuahnya berwarna merah.

"Wajib banget Gajebo mama, karena makanan ini 80 persen lemak dan 20 persen daging. Itu makanan yang harus kita makan dalam kondisi mental yang siap, tapi momennya pas lagi bahagia pas lagi kumpul keluarga," ujar Nirina.

Selain masakan, momen kumpul keluarga adalah hal yang dirindukan Nirina saat Idul Fitri. Namun begitu, ia tidak menampik jika momen berkumpul keluarga itu sulit diwujudkan saat Lebaran. Alasannya keluarga Nirina tidak berada di satu kota yang sama.

Nirina sendiri saat ini tinggal di Jakarta. "Lebaran nanti keluarga berpencar ada yang di Malang, di Bali, di Jakarta. Kumpul komplit pastinya dikangenin. Sangat sempurna jika bisa kumpul semua, tapi kan itu kemungkinan," kata dia.

Jika momen Lebaran biasanya diisi untuk berkunjung ke rumah sanak saudara, Nirina berbeda. Tahun ini, ia dan suami Ernest Fardiyan Syarif berniat untuk mewujudkan acara perayaan anniversary mereka yang tertunda. Di hari kedua Lebaran, mereka rencananya akan memulai perjalanan dengan sepeda menuju Bali. Untuk berkumpul bersama keluarga lainnya, ia berencana untuk melakukannya setelah trip sepedanya.

"Saya dan suami rencananya sudah 75 persen untuk naik sepeda dari Jakarta ke Bali. Tapi kita masih melihat ini kan jalur orang pada mudik, kita lihat kemungkinan dan keamanannya," tambahnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA