Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Battle of Surabaya Raih Penghargaan di ASEAN ICT Awards

Ahad 09 Dec 2018 16:45 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Battle of Surabaya

Battle of Surabaya

Foto: ist
Ini merupakan yang ke-33 diraih film Battle of Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Film Battle of Surabaya atau November 10th berhasil meraih Silver Winner di ASEAN ICT Awards 2018. Film animasi itu sukses meraih prestasi itu untuk kategori digital content.

ASEAN ICT Awards diselenggarakan Njana Tilem Museum pada 4-5 Desember 2018 di Bali. Kompetisi ICT terbesar di Asia Tenggara ini merupakan gelaran yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

Kompetisi itu terselenggara atas kerja sama Menteri Telekomunikasi Negara-Negara ASEAN (Telmin). Karenanya, kegiatan ini turut dihadiri 11 Menteri Komunikasi dan Informatika negara-negara ASEAN.

ASEAN ICT Awards diikuti 80 peserta yang terbagi menjadi enam kategori. Kegiatan itu dijurikan sebanyak 12 orang yang berasal dari negara-negara ASEAN. Tahun ini Indonesia mencatatkan sejarah.

Pasalnya, untuk pertama kali, Indonesia memiliki finalis terbanyak yang lolos ke babak final. Sebanyak tujuh dari 18 finalis merupakan perwakilan Indonesia yang disaring dari Indonesia Up Award yang berlangsung Agustus 2018 lalu.

Apresiasi datang dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dalam pengumuman pemenang, ia mengungkapkan apresiasinya atas prestasi yang ditorehkan tujuh inovasi asli Indonesia tersebut.

<iframe src="https://www.youtube.com/embed/nKpH1z4NewI" width="875" height="373" frameborder="0" allowfullscreen=""></iframe>

"Saya juga bangga akan inovasi-inovasi yang telah banyak dilakukan finalis yang tersaring dari 11 negara-negara ASEAN yang berkompetisi dalam teknologi tersebut ," kata Rudiantara melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (8/12).

Penghargaan yang diraih November 10th ini merupakan yang ke-33 diraih film animasi dua dimensi tersebut. Film itu sendiri merupakan besutan PT MSV Studios, salah satu badan usaha milik Amikom.

Sejumlah penghargaan mulai Best Animation mulai Glendale International Film Festival 2018 di Glendale (USA), dan Outstanding Achievement Award di Calcutta International Cult Film Festival 2018 di Calcutta (India).

Lalu, ada Best Animation dalam Amsterdam International Film Festival 2018 di Amsterdam (Belanda), dan Best Animation dalam Hollywood International Moving Pictures Film Festival 2018 di Hollywood (USA).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA