Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Film Baru Ini Pecahkan Rekor Rotten Tomatoes

Jumat 01 Dec 2017 09:10 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Salah satu adegan di film Lady Bird.

Salah satu adegan di film Lady Bird.

Foto: Shortlist

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film terbaru berjudul Lady Bird memecahkan rekor laman ulasan film Rotten Tomatoes. Sinema drama komedi AS itu mendapat skor atau rating 100 persen, sebuah angka sempurna yang amat sulit didapatkan.

Rotten Tomatoes kerap menjadi rujukan penikmat film saat akan memilih tayangan bioskop. Keseluruhan pendapat para pengulas kompeten maupun penonton dirata-rata untuk mendapat skor pemeringkatan.
 
Barometer khusus Rotten Tomatoes itu disebut Tomatometer. Film dengan skor rata-rata 059 persen akan masuk dalam kategori "busuk", sementara film dengan skor rata-rata 60100 persen dijuluki "segar" dengan ikon tomat merah ranum.
 
Khusus film yang skornya 75 persen atau lebih akan mendapat tanda "dijamin segar". Syaratnya, film harus diulas oleh sedikitnya 80 kritikus dan lima di antaranya kritikus top, atau diulas oleh 40 kritikus untuk film yang dipublikasikan terbatas.
 
Tidak mudah mendapat tanda "segar" maupun "dijamin segar" karena selera para kritikus dengan argumennya masing-masing amat beragam. Karena itu, keberhasilan Lady Bird mencapai skor 100 persen tanpa cela cukup mengejutkan.
 
Tercatat pada Jumat (1/12), skor Lady Bird masih bertahan di angka 100 persen sejak film dirilis di AS pada 3 November 2017. Angka tersebut merupakan gabungan dari jumlah ulasan yang tidak sedikit, yaitu total 182 kritik.
 
Film yang ditulis dan disutradarai oleh Greta Gerwig ini berkisah tentang konflik antara seorang gadis remaja bernama Christine (Saoirse Ronan) dan ibunya. Sejauh ini, Lady Bird telah mendapat tiga nominasi Gotham Award dan empat nominasi Independent Spirit Award.
 
Sebelum Lady Bird, film Toy Story 2 pada 1999 juga mencapai skor 100 persen, namun hanya dari 163 ulasan. Skor tinggi lain didapatkan film Get Out (2017) yang dirata-rata dari 292 ulasan, dikutip dari laman Shortlist.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA