Kamis, 14 Rajab 1440 / 21 Maret 2019

Kamis, 14 Rajab 1440 / 21 Maret 2019

Filmnya Segera Beredar, Ini Cara Lafalkan Tolkien yang Benar

Rabu 13 Mar 2019 18:32 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

JRR Tolkien

JRR Tolkien

Foto: Independent
Banyak orang keliru melafalkan nama JRR Tolkien.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Trailer baru untuk Tolkien membuat banyak orang tersadar akan kesalahan eja nama pengarang besar JRR Tolkien. Film itu merupakan biografi tentang kisah hidup penulis novel Lord of the Rings yang akan tayang 3 Mei di Inggris dan 10 Mei di Amerika Serikat.

Baca Juga

Film Tolkien dibintangi aktor Inggris Nicholas Hoult sebagai Tolkien dan aktris Inggris-Amerika yang juga putri dari penyanyi legendaris Phill Collins, Lily Collins, sebagai istri sang penulis, Edith Tolkien. Trailer itu menggambarkan ketertarikan penulis dengan bahasa yang ditemukan, hubungannya yang dekat dengan sekelompok teman, kengerian Perang Dunia I, dan bagaimana semua elemen ini memengaruhi cerita fiksi yang dibuat Tolkien.

Tapi, justru yang menarik merupakan cara penyebutan nama Tolkien. Banyak orang menyebutkan nama tersebut dengan ejaan "Toll-KEY-en" atau mungkin "Toll-KIN," dan menjadi pengucapan yang umum beredar.

Hanya saja, dalam sebuah adegan ketika Hoult dan Collins memperkenalkannya, itu jelas diucapkan "Toll-KEEN." Ketua The Tolkien Society Shaun Gunner mengatakan, sebutan itulah yang benar.

"Sangat pasti tol-keen bukan tol-kin, seperti yang lebih umum, atau tol-kee-en yang hanya saya dengar sesekali," kata Gunner dikutip dari CNet, Rabu (13/3).

Gunner menjelaskan, nama Tolkien berasal dari Jerman. Dalam bahasa Jerman "ie" itu diucapkan dengan "ee". Bahkan ketika Tolkien masih hidup, orang-orang menyebut namanya seperti itu.

Dalam sebuah surat kepada Richard Jeffery yang dikumpulkan dalam "The Letters of JRR Tolkien", penulis menulis nama dirinya hampir selalu salah eja sebagai "Tolkein" dengan huruf E sebelum I. "Saya tidak tahu mengapa, karena itu diucapkan oleh saya selalu keen," kata Gunner.

Sedangkan singkatan JRR. apakah masih menjadi pertanyaan? Tentu saja tidak, itu singkatan dari "John Ronald Reuel," dan sementara "John" dan "Ronald" cukup standar, "Reuel" tidak sesederhana itu.

"Reuel adalah nama keluarga, yang diyakini sebagai teman keluarga kakek Tolkien. Itu diucapkan ROO-el," kata Gunner.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA