Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Persiapan Vino G Bastian Perankan Sosok Buya Hamka

Selasa 26 Mar 2019 10:41 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Konferensi pers film Buya Hamka, Senin (25/3), di Jakarta. Buya Hamka akan mulai syuting April 2019.

Konferensi pers film Buya Hamka, Senin (25/3), di Jakarta. Buya Hamka akan mulai syuting April 2019.

Foto: Republika/Prayogi
Vino menyempatkan bertemu keluarga Buya Hamka dan membaca bukunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Vino G Bastian memerankan sosok Buya Hamka dalam film biopik terbaru berjudul sama. Vino mempersiapkan banyak hal untuk menghidupkan lagi karakter Hamka yang merupakan ulama dan sastrawan besar Indonesia.

Baca Juga

"Saya bertemu keluarga beliau, baca lagi buku-bukunya. Beliau bukan hanya ulama, tapi juga wartawan, politikus, sastrawan, juga ayah. Semua harus saya terjemahkan dalam bentuk akting," ujar Vino saat konferensi pers di Jakarta, Senin (25/3).

Sebelumnya, Vino sudah membaca beberapa novel Hamka, seperti Di Bawah Lindungan Ka'bah dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Pria 37 tahun itu menambah lagi referensi karya Hamka, termasuk mempelajari buku Akhlaqul Karimah.

Dari semua bacaan itu, Vino mendapat gambaran mengenai sosok almarhum yang multitalenta. Vino kagum karena semasa hidupnya Hamka sudah menulis lebih dari 170 buku dengan berbagai konten, mulai dari agama, seni, sampai politik.

Film akan memulai syuting pada awal April 2019 selama 62 hari. Untuk sementara, lokasi yang sudah diumumkan antara lain Sumatra Barat, Semarang, Tegal, Sukabumi, dan Jakarta. Vino tidak menyiapkan hal khusus terkait kondisi fisik.

Karena warna suara Vino cukup khas, dia akan melakukan beberapa penyesuaian agar mirip dengan suara Buya Hamka. Begitu pula soal kesamaan wajah. Namun, Vino belum mau membocorkan dan menyerahkan hal tersebut kepada tim produksi.

Menurut Vino, aspek terpenting adalah menyampaikan pemikiran sosok Hamka kepada penonton. Penikmat film yang belum mengenal bisa dekat dengan Hamka, sementara para idolanya dapat melihat sisi lain dari tokoh besar tersebut.

"Ada banyak pergolakan dan titik krusial dalam hidup Hamka yang ingin dihadikan dalam film. Mudah-mudahan bukan hanya menghibur, tapi bisa menjadi tuntunan bagi kita semua," kata Vino.

Buya Hamka diarahkan oleh sutradara Fajar Bustomi. Film turut dibintangi Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Ayu Laksmi, Ayudia Bing Slamet, Ben Kasyafani, Marthino Lio, Verdi Solaiman, dan Teuku Rifnu Wikana.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA