Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Simak Film-Film Eropa di Europe on Screen 2019

Sabtu 20 Apr 2019 00:44 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi Film

Ilustrasi Film

Foto: pixabay
Festival film Europe on Screen (EoS) 2019 berlangsung mulai 18-30 April 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival film Europe on Screen (EoS) 2019 berlangsung mulai 18-30 April 2019. EoS yang menyambangi delapan kota di seluruh Indonesia itu menghadirkan 101 film kontemporer dari 27 negara Eropa.

Baca Juga

Wakil Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Charles-Michel Geurts, menyampaikan EoS adalah perayaan film untuk memperkenalkan kebudayaan Eropa. Festival ini hendak mendekatkan film-film Eropa kepada masyarakat Indonesia.

"Kami juga ingin mempromosikan kerja sama antara Eropa dan Indonesia, khususnya di bidang industri kreatif," kata Geurts lewat pernyataan resminya.

EoS 2019 memberi fokus pada pelestarian lingkungan hidup dengan mendedikasikan sub-segmen khusus berjudul #OurLand. Sebagai bagian dari segmen 'Realita', #OurLand menampilkan enam film panjang dan empat film dokumenter pendek.

Untuk pertama kalinya EoS memiliki segmen retrospektif tentang arsitektur dan desain. Konten tersebut dihadirkan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-100 sekolah seni dan desain Bauhaus di Jerman.

Segmen retrospektif #Bauhaus100 menayangkan Bauhaus Spirit, film dokumenter yang dibuat khusus untuk sekolah tersebut. Ada pula pemutaran rekaman arsip karya dan pameran instalasi tentang Bauhaus di Goethe-Institut Jakarta mulai 19 April 2019.

Pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, EoS menyambangi enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Yogyakarta, dan Surabaya. Tahun ini, EoS hadir untuk pertama kalinya di dua kota tambahan yakni Bekasi dan Tangerang.

Pemutaran film berlangsung di pusat-pusat kebudayaan termasuk Erasmus Huis, Goethe-Institut, Instituto Italiano di Cultura, Institut Francais d'Indonesie, Komunitas Salihara, dan banyak lokasi lain. Ada pula layar tancap yang menampilkan film ramah-keluarga.

Film pembuka EoS 2019 adalah film thriller karya sineas Denmark, The Guilty. Sinema arahan sutradara Gustav Moller itu memenangkan Audience Award dan Grand Jury Prize di Sundance Film Festival 2018.

Sinema komedi Austria, What Have We Done To Deserve This? akan menjadi penutup rangkaian acara. Semua pemutaran film dan program EoS 2019 terbuka untuk umum dan gratis. Informasi lengkap bisa diperoleh lewat situs www.europeonscreen.org.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA