Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Cerita Rumitnya Mencari Pemeran Utama Aladdin

Jumat 24 May 2019 13:41 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Film Aladdin

Film Aladdin

Foto: Disney via AP
Disney sempat kebingungan memilih pemeran utama Aladdin

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pengumuman nama pemeran utama dalam film live-action Aladdin tidak berlangsung cepat. Disney justru memperkenalkan karakter jin yang diperankan Will Smith terlebih dahulu ketimbang karakter penting lainnya. Hal ini tak lepas dari kebingungan Disney untuk memilih pemeran utama.

Baca Juga

Banyak nama yang beredar namun akhirnya Disney memilih dua nama pendatang baru. Untuk peran Aladdin dan Jasmine, Disney menunjuk Mena Massoud dan Naomi Scott. Dikutip dari BBC, saat pemilihan pemeran pada 2017 silam ada sekitar dua ribu aktor dan aktris telah diseleksi selama beberapa bulan.

"Proses casting sangat intens. Saya sudah menonton film ini sejak saya masih kecil dan ketika saya melihat pemberitahuan audisi saya melemparkan diri ke sana," kata Mena Massoud.

 

Setelah menjalani proses audisi, Massoud tidak mendapatkan kabar hingga empat bulan lamanya. Dia mengaku kecewa namun mencoba melanjutkan ke audisi lainnya.

"Kemudian kami mendengar kembali itu adalah proses yang intens. Namun saya senang saya di sini sekarang," kata pria berdarah Mesir itu.

Sebelum Massoud terpilih sebagai pemeran utama pria, nama Riz Ahmed dan Dev Patel telah dikaitkan dengan peran tersebut. Akan tetapi Disney mulai mencari wajah baru yang lebih segar.

"Perjalanan karpet ajaib Disney mengalami sedikit turbulensi. Menemukan pemeran utama pria berusia 20-an yang bisa berakting dan bernyanyi terbukti sulit. Terutama karena studio menginginkan seseorang keturunan Timur Tengah atau India," tulis The Hollywood Reporter saat itu.

Setelah Massoud dan Scott terpilih, film pun berjalan lancar dan telah tayang di Indonesia sejak 22 Mei lalu. Film itu mendapatkan ulasan yang baik dengan sambutan hangat dari penonton.

"Secara keseluruhan, adaptasi Ritchie dengan bijak tidak banyak kecuali menambahkan daging manusia ke tulang kosong dari apa yang selalu menjadi salah satu kisah terkuat Disney," kata Steve Rose pengulas dari The Guardian menanggapi film terbaru besutan sutradara Guy Ritchie itu.

Geoffrey Macnab dari The Independent menggambarkan Aladdin sebagai tontonan dengan cerita klasik yang ternyata baik. Film tersebut dapat membuktikan diri dengan memenuhi dari yang sudah diharapkan.

Karakter jin yang diperankan Will Smith pun menjawab rasa skeptis publik. Ben Lawrence dalam The Telegraph mengatakan dia melakukan pekerjaan yang luar biasa.

"Memang Smith menawarkan beberapa amplifikasi yang sangat dibutuhkan untuk sebuah film yang sepertiga dari keseluruhannya berada dalam bahaya tersesat dalam bercerita yang terlalu bagus," ujar Lawrence.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA