Rabu, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 Januari 2019

Rabu, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 Januari 2019

Gandeng Arina 'Mocca', Hiroaki Kato Rilis Single Buatmu Tertawa

Sabtu 11 Feb 2017 10:01 WIB

Red: Hazliansyah

Hiroaki Kato

Hiroaki Kato

Foto: Hiroaki Official

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Jepang yang jatuh cinta dengan Indonesia Hiroaki Kato resmi meluncurkan single perdananya di Indonesia berjudul "Buatmu Tertawa". Di single ini Hiroaki Kato menggandeng vokalis Mocca Arina Ephipania sebagai pencipta lagu.

"Lagu ini akan mengajak kita untuk tetap tersenyum di dalam suka dan duka kehidupan. Lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Indonesia," ujar Hiroaki Kato kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Hiroaki mengatakan, kecintaanya kepada Indonesia bermula saat ia menginjakkan kaki di Yogyakarta pada tahun 2006 lalu. Ia menjadi mahasiswa di Universitas Gajah Mada dan kerap menjadi relawan menghibur masyarakat melalui musik di berbagai desa bersama organisasi mahasiswa lokal.

Selain itu, Hiroaki Kato beraktivitas sebagai MC, penyiar radio, dan juga tampil di salah satu film independen Indonesia.

Usai kuliah, Hiro kembali ke Jepang. Di sana ia melanjutkan karier sebagai penyanyi, aktor, musisi, dan mengajar sebagai dosen bahasa Indonesia serta penerjemah. Kecintaanya pada Indonesia pun terus ia wujudkan dengan menerjemahkan novel ‘Laskar Pelangi’ ke dalam bahasa Jepang dan diberi judul ‘Niji no Shounentachi’.

Di Jepang ia juga merilis mini album berisikan 4 lagu (Terima kasih, Musik, Samurai, dan Minamikaze). Dalam mini albumnya tersebut, Hiro menerjemahkan lagu-lagu Indonesia ke dalam bahasa Jepang dan menyanyikannya dengan dua bahasa, yaitu bahasa Jepang dan Indonesia.

Ada beberapa lagu Indonesia yang ia terjemahkan dan sering nyanyikan ke dalam bahasa Jepang diantaranya lagu milik Letto berjudul Ruang Rindu, Sepatu milik Tulus, Dekat di hati- RAN,Laskar Pelangi - Nidji dan Hey Cantik milik Shaggy Dog.

Hiro juga telah beberapa kali berkolaborasi dengan sejumlah artis Indonesia, diantaranya Letto, Tulus, Arina (Mocca), Kikan Namara, Arda (Naff), (alm) Mike Mohede dan KOTAK.

Single "Buatmu Tertawa" ini sendiri menjadi penanda Hiro mengawali langkahnya sebagai musisi Indonesia.

"Semoga single ini dapat didengar dan dinikmati oleh semua kalangan, sehingga membuat seluruh masayarakat Indonesia dapat selalu tersenyum baik dalam suka maupun duka," kata dia. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA