Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Perempuan Kuasai Grammy 2019

Senin 11 Feb 2019 16:32 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah

Penyanyi Dua Lipa menerima penghargaan Grammy Award di Los Angeles, Ahad (10/2).

Penyanyi Dua Lipa menerima penghargaan Grammy Award di Los Angeles, Ahad (10/2).

Foto: Matt Sayles/Invision/AP
Cardi B menjadi wanita solo pertama yang memenangkan album rap terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Artis rap dan penyanyi perempuan sama-sama merasa dijauhi oleh Grammy Awards dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, tahun ini mereka tampil di panggung utama.

Baca Juga

Pandangan Childish Gambino soal hubungan ras, "This is America" memenangkan kategori Album Terbaik, Lagu Terbaik, dan Pertunjukan Rap Terbaik di Grammy Awards 2019. Ini pertama kalinya sebuah lagu berbasis rap memenangkan banyak penghargaan itu di industri rekaman yang paling bergengsi.

Kacey Musgraves memenangkan album teratas dan berimbang dengan Childish Gambino. Mereka sama-sama memiliki total empat Grammy Awards.

“Saya tidak pernah bermimpi album ini akan diberikan banyak cinta, sambutan hangat, dan rasa positif,” kata Musgraves.

Setahun setelah banyak wanita merasa tersisih dari siaran Grammy Awards, mereka menyampaikan pertunjukan malam yang paling berkesan. Penyanyi Inggris, Dua Lipa berhasil membawa pulang penghargaan Artis Pendatang Baru Terbaik dan Rekaman Dansa Terbaik di acara tersebut.

Kalimat-kalimat Dua Lipa di podium dipotong saat pidato. Dia tidak sendirian, sebab beberapa seniman lain juga bergegas turun dari panggung.

Lipa mengatakan nanti ia akan berterima kasih kepada para penggemar, inspirasinya, dan timnya jika dia punya lebih banyak waktu. Perempuan kelahiran 1995 ini kemudian mengingatkan penggemar dan sesama artis penghargaan didasarkan pada pandangan subjektif orang lain.

“Anda sudah menang jika ada orang yang menyanyikan lagu Anda kata demi kata,” ujar Lipa di Staples Center, Los Angeles Amerika Serikat, Senin (11/2) pagi WIB.

Lady Gaga dan Brandi Carlile memenangkan masing-masing tiga Grammy Awards. Mantan ibu negara Michelle Obama kemudian menjadi tamu kejutan di puncak acara Grammy Awards 2019.

Childish Gambino, nama panggung aktor Donald Glover, dan Kendrick Lamar menolak undangan untuk tampil atau menghadiri pertunjukan Grammy Awards. Beberapa artis rap merasa Grammy lambat mengenali bagaimana genre ini mendominasi musik populer sekarang.

photo

Penyanyi rap Cardi B (kiri) menerima penghargaan Grammy Award untuk album rap terbaik, Ahad (10/2). Penyanyi yang juga pasangannya, Offset mencium tangannya.

Seorang penulis lagu dan produser This is America mengatakan ia terkejut dengan kemenangan bersejarah. Hanya mendengarkan radio, menonton budaya, dan melihat berapa banyak lagu rap yang diunduh adalah bukti dampak genre musik rap.

“Sudah waktunya hal seperti ini terjadi dengan keluarga Grammy juga,” kata Goransson.

Cardi B menjadi wanita solo pertama yang memenangkan album rap terbaik. Cardi B sangat gugup menerima penghargaan itu sehingga dia bercanda saat di atas panggung. Padahal ia tampak tidak gugup sama sekali ketika membawakan lagu "Money".

Brandi Carlile menyanyikan "The Joke". Saat ditemui di belakang panggung usai pertunjukan, Carlile menyampaikan ia adalah anak-anak generasi 90-an dan konser tur Lilith Fair.

“Kini, (penampilan di Grammy Awards 2019) itu memberi saya harapan sebagai ibu dari dua putri muda,” ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES