Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Cerita Lagu Baru Bernuansa Mellow Armand Maulana

Jumat 08 Jun 2018 13:52 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Armand Maulana

Armand Maulana

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Lagu baru berjudul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah merilis single "Tunggu Di Sana", kini Armand Maulana siap memperkenalkan single keempatnya yang berjudul "Terluka". Berbeda dengan single-single lain yang ada di proyek solonya, di lagu ini Armand menampilkan sisi mellow yang jarang ia tampilkan.

"Memang benar, lagu ini cukup berbeda dari lagu-lagu yang biasa saya bawakan. Temanya tentang perasaan terluka dari seseorang yang dikhianati. Melodinya mellow, tapi vibe dari lagu ini berbeda dengan lagu-lagu ballad yang biasa saya bawakan," ungkap Armand lewat keterangan resminya kepada Republika.co.id, Kamis (7/5).

Melengkapi single lagu "Terluka" ini, Armand bersama Adhireksa selaku sutradara telah mempersiapkan video klipnya. Berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Adhireksa mempersiapkan sebuah video klip yang memperlihatkan pemandangan pantai Lombok yang memukau. Karena liriknya bercerita tentang seseorang yang dikhianati oleh kekasihnya, jadi jalan cerita video klip hanya akan menampilkan seseorang dalam masa depresi yang kelam.

"Adapun beberapa adegan sang pria yang di antara ada dan tiada di dalam video ini. Itu pun hanya memperkuat pesan dalam lagu," papar Adhireksa. Di dalam video ini, Adhireksa lebih banyak memaksimalkan gambar-gambar pemandangan Lombok yang indah.

Proses syuting yang mengambil waktu saat bulan Ramadhan tidak menjadi alasan bagi vokalis dari grup band GIGI ini untuk menikmati prosesnya di Lombok. Bahkan, ia merasa beruntung karena banyak lokasi syuting yang jadi lebih sepi dari bulan biasa.

Menurut suami penyanyi Dewi Gita itu, puasa tidak pernah menjadi halangan beraktivitas, termasuk saat pembuatan video klip ini. "Semua terasa biasa saja. Bahkan, kita beruntung karena spot-spot gambar yang diambil di Lombok ini jadi lebih sepi dari turis karena mungkin banyak yang berpuasa," ungkap Armand.

Lagu yang ditulis oleh David NOAH dan diproduseri oleh Ari Renaldi tersebut memiliki nuansa ballad yang kuat dengan diiringi musik akustik yang menyayat hati. Warna musik ini cukup kontras dengan tiga lagu solo Armand sebelumnya yang cukup bertempo tinggi.

Lagu "Terluka" sebenarnya adalah lagu pertama yang terpilih untuk proyek Arana. Waktu Armand bergabung dengan Trinity untuk membuat proyek solo, lagu ini sebenarnya merupakan lagu pertama ditawarkan. Namun, saat itu Armand dalam Arana Project masih merancang blue print musik yang akan diberikan kepada para penggemarnya.

"Sehingga saat memutuskan membawakan lagu ini pun, saya dan Ari Renaldi masih meraba-raba mau seperti apa nuansa yang ingin dihadirkan melalui lagu ini. Namun, pada akhirnya kami berhasil merampungkan apa yang kami rasa paling pas untuk para penggemar saya," tutur Armand.

Armand dikenal cukup perfeksionis untuk tiap karya-karyanya. Untuk lagu ini, ia membutuhkan pergantian hingga lima kali untuk aransemen musik dan vokal hingga akhirnya mendapatkan mood suara yang tepat.

"Sebelum memutuskan merilis lagu ini, saya mendapatkan lagu seperti 'Hanya Engkau Yang Bisa', 'Sebelah Mata', dan 'Tunggu Di Sana'. Tiga lagu ini menegaskan warna musik dari Arana Project. Begitu lagu 'Terluka' siap dirilis, saya memastikan lagu ini masih memiliki vibe yang sama, walau dengan tema dan tempo yang mellow," katanya menambahkan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA