Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Lagu '7 Rings' Ariana Grande Pecahkan Rekor Spotify

Selasa 22 Jan 2019 09:25 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Ariana Grande

Ariana Grande

Foto: EPA
Baru dirilis empat hari, sudah ada sejumlah tuduhan plagiat atas lagu terbaru Grande.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Lagu terbaru Ariana Grande telah memecahkan rekor untuk diputar paling banyak di Spotify dalam sehari. lagu '7 Rings' mengumpulkan 14.966.544 kali diputar di Spotify dalam waktu 24 jam sejak debutnya Jumat (18/1).

Rekor tersebut diumumkan langsung oleh manajer Grande, Scooter Braun. Dalam sebuah cicitan di Twitter, Braun memberi selamat kepada Grande dan timnya. "Sejarah sedang dibuat," katanya.

Rilisan baru Grande berhasil menyingkirkan lagu Natal klasik Mariah Carey 'All I Want For Christmas Is You'. Lagu tersebut menarik 10.819.009 kali putaran di Spotify pada 24 Desember tahun lalu.

Dirilis berbarengan dengan audio-visual, '7 Rings' memperlihatkan pergeseran cara bermusik dari penyanyi berusia 25 tahun. Lagu trap-pop ini mengambil sampel 'My Favorite Things' dari The Sound of Music dan  dia menjelajah jauh ke dalam genre hip-hop.

November lalu, lagu kejutan Grande berjudul 'Thank U, Next' juga memecahkan rekor global streaming. Dalam satu hari di Spotify, dia berhasil menghasilkan hampir 8,2 juta streaming, diikuti oleh 8,5 juta pada hari berikutnya.

Lagu, yang memulai debutnya di nomor 1 di tangga Hot 100 Billboard, membahas pertunangannya yang dipublikasikan dan perpisahan dari beberapa pria. Dia pun menyinggung bintang Saturday Night Live Pete Davidson dan mantan pacarnya rapper Mac Miller.

Tapi, terjunnya Grande ke dalam hip-hop tidak diterima dengan baik oleh semua orang. Sejak rilis lagu '7 Rings', seniman secara independen menuduh Grande menjiplak karya mereka. Rapper New York Princess Nokia mengatakan di Twitter sehari setelah rilis lagu itu menuduh Grande menyalin lagunya 'Milik' tahun 2017 dan album debutnya Delux tahun 1992.

"Apakah itu terdengar asing bagimu karena itu terdengar sangat akrab bagiku. Ya Tuhan! Bukankah itu lagu kecil yang aku buat tentang wanita cokelat dan rambut mereka? Hmmm ... Kedengarannya lebih putih," ujar Princess Nokia dalam sebuah video yang sudah dihapusnya, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (22/1).

Lagu '7 Rings' juga telah dibandingkan dengan musik hip-hop lainnya termasuk 'Pretty Boy Swag' dari Soulja Boy. Sang rapper tidak senang tentang hal itu. Dalam kutipan dari salah satu cicitan Grande yang sekarang dihapus, Soulja berkicau, "Anda seorang pencuri." Rapper itu juga menuntut kredit dari Grande.

Selain itu, 2 Chainz telah dengan terbuka menuduh Grande. Katanya, Grande mengambil konsep Pink Trap House di Atlanta pada beberapa degan video klip musik terbaru itu. Hingga saat ini, Grande masih belum angkat suara atas segala tuduhan yang ditunjukkan kepadanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA