Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Ebiet G Ade Rilis Ulang Untuk Kita Renungkan

Ahad 07 Apr 2019 08:02 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

 Musisi Ebiet G Ade

Musisi Ebiet G Ade

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Lagu Untuk Kita Renungkan dibuat Ebiet berkolaborasi dengan Adera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ebiet G. Ade telah lama absen dari industri musik Indonesia sejak terakhir merilis album Serenade pada 2013. Kali ini, penyanyi itu kembali merilis ulang lagu terkenalnya berjudul "Untuk Kita Renungkan" dengan berkolaborasi dengan anaknya Adera.

Lagu tersebut pertama kali dirilis tahun 1982, dengan tema yang terinspirasi dari bencana Gunung Galungung. Melalui lagu itu, penyanyi senior ini mencoba mengingatkan sesama manusia agar merenungkan dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tema besar tersebut, ternyata masih relevan meski telah berselang berpuluh-puluh tahun. Ebiet pun kembali merilis lagu tersebut untuk kembali mengingatkan masyarakat atas kondisi Indonesia saat ini.

Ebiet melihat, lagu ini bisa mengajak pendengarnya melakukan kebaikan dan melupakan perbedaan-perbedaan yang sering kali menjadi alasan untuk bertengkar. Tugasnya sebagai salah satu anggota masyarakat dan kebetulan memiliki lagu ini, dia mencoba mengangkatnya kembali.

"Pilihan lagu ini juga ada relevansinya dengan menjelang pemilu dan untuk NKRI damai serta tercapau sebagai ajakan sosial," kata pria yang sudah berusia 64 tahun itu.

Untuk membawakan kesegaran dalam penggarapan lagu lawas tersebut, Ebiet pun menggandeng Adera. Di samping pertimbangan sebagai anak, Adera merupakan penyanyi yang suara dan musiknya bisa diterima oleh telingan anak muda saat ini.

Tidak bisa dipungkiri, Ebiet mengakui, namanya saat ini sudah tidak banyak dikenal oleh anak muda. Dia menyadari masa emasnya telah redup, dan menggandengan Adera memberikan warna baru dan diharapkan bisa menyaasar telinga baru untuk lagu-lagunya.

"Lagu ini kan memang masa tugasnya lama, cuma memang sudah waktunya regenerasi, dan momentumnya tepat," kata penyanyi "Titip Rindu Buat Ayah" itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA