Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Eva Celia Serius Belajar Menulis Lirik Lagu

Jumat 12 Apr 2019 18:00 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Eva Celia

Eva Celia

Foto: Antara/Fanny Octavianus
Eva Celia menantang diri sendiri untuk menulis lirik lagu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua penyanyi memiliki kemampuan untuk menulis lirik untuk lagunya sendiri. Eva Celia menantang dirinya lebih jauh melangkah dengan belajar menulis lirik untuk karya-karyanya.

Baca Juga

"Aku kan memang baru belajar soal song writing dan memang belum terlalu paham," ujar penyanyi berusia 26 tahun itu. Salah satu rujukan dalam Eva belajar menulis lagu andalan Hon Lesmana.

Menurut Eva, Hon merupakan sosok yang pantai merangkai kata. Kemampuan Hon sudah terbukti dengan banyak menulis lirik untuk lagu-lagu ayah Eva, Indra Lesmana.

Hon pun merupakan orang yang membantunya memoles lagu Kala Senja yang baru saja dirilisnya. Bantuan itu sangat berarti buat Eva karena menulis lagu merupakan proses transformasinya di industri musik Indonesia.

Eva menceritakan ketika membuat musik dan lirik tidak dipungkiri suasana hati dan kondisi sekitar masih sangat memengaruhi. Meski begitu, dia mencoba untuk membuat setiap liriknya tidak langsung menuju pada apa yang dimaksud. Eva membuat lirik yang artinya diserahkan kepada setiap pendengar musiknya.

Pada lagu Kala Senja, Eva menuangkan lirik yang luas. Meski pun dia mengakui, lagu itu tercipta dari rasa rindunya akan rumah ketika sedang melakukan sebuah perjalanan.

Ketimbang mendikte pendengarnya dengan lirik yang langsung mengungkapkan perasaan, Eva memilih jalan yang lebih sulit. Hal ini pun dia pelajari dari cara Hon menulis lirik yang lebih puitis ketimbang langsung menembak pada sasaran.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA