Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Buat Lagu Tema Film, Dwiki Ambil Lirik dari Surat Ar-Rahman

Kamis 23 Mei 2019 17:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih

Musisi Dwiki Dharmawan ketika diwawancarai Republika.

Musisi Dwiki Dharmawan ketika diwawancarai Republika.

Foto: Republika/Prayogi
Dwiki Dharmawan terinspirasi Ar-Rahman buat lagu tema film Iqro:My Universe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komposer Indonesia Dwiki Dharmawan menjadi orang yang ditunjuk untuk membuat lagu tema film Iqro:My Universe. Lagu itu berjudul Untuk Semesta yang dinyanyikan oleh Lana Nitibaskara.

Dwiki menuturkan keseluruhan musik dan lirik merupakan karyanya. Pada lirik, dia pun mengambilnya dari surat Ar-Rahman.

“Di situ ada kata-kata ‘nikmat mana yang kau dustai?’. Jadi memang ketika saya pada tengah malam itu membaca surat Ar-Rahman di dalam tahajud saya, terinspirasilah lirik itu,” tutur Dwiki di Jakarta Selatan, Rabu (22/5).

Suami dari penyanyi Ita Purnamasari itu menjelaskan dia mendapatkan inspirasi pada sepertiga malam saat menunaikan salat tahajud. Dwiki mengaku dalam proses pembuatan lagu dia membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk melakukan riset.

Riset dilakukan dengan mempelajari lagu-lagu yang disukai dan digemari anak-anak belasan tahun. Dia menanyai beberapa keponakan dan ratusan muridnya untuk mengetahui jenis lagu yang seperti apa yang disukai mereka. Ini mengingat film Iqro:My Universe merupakan film bernuansa anak remaja.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Dwiki sebab sejauh ini dia telah terbiasa membuat lagu untuk orang dewasa. “Kalau di sini musik bisa merajut film lebih baik, tetapi suasana musiknya harus ada yang disukai anak-anak. Musik dewasa saya mungkin sudah biasa. Tapi kali ini harus anak-anak  dari kecil sampai ABG suka,” ungkapnya.

Akhirnya lagu Untuk Semesta tercipta dengan nuansa orkestra namun sangat ramah diperdengarkan untuk anak-anak. Dwiki menyebut proses merangkai musik dan lirik dilakukan hanya dalam waktu 10 hingga 15 menit yang dibuat pada 2017 lalu.

Dwiki bertekad lagu tema film ini merupakan lagu tema yang akan kembali diseriusi oleh dia. Sebab setelah sekian lama dia tak pernah menggarap lagu tema dan juga scoring pada film.

“Terakhir itu tahun 1991 saya mengisi musik score pada Cinta dalam Sepotong Roti oleh Garin Nugroho. Saya niatkan kembali untuk terjun ke film dan saya memilih film yang mengedukasi tidak sekadar film yang menghibur,” jelas dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA