Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Jazz Gunung 2019 Digelar di Bromo dan Ijen

Kamis 20 Jun 2019 07:40 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pemusik Djaduk Ferianto.

Pemusik Djaduk Ferianto.

Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Genre musik di Jazz Gunung 2019 lebih beragam dari sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jazz Gunung 2019 siap digelar di Bromo pada 26-27 Juli dan Ijen 21 September. Genre musik yang ditampilkan lebih beragam dari sebelumnya.

"Ada blues, ada fusion, ada yang etnik, ada Debu ya, kemudian ada Riau, ada Melayu. Jazz Melayu, warna Melayu, kemudian ada yang ke pop sedikit," ujar Djaduk Ferianto selaku penggagas, dalam jumpa pers Jazz Gunung 2019 di Jakarta, Rabu (19/6).

Tak hanya dari segi genre musik, para penampil yang hadir juga cukup berwarna, mulai dari musisi legendaris jazz Indonesia hingga kelas rakyat. "Ada tokoh-tokoh lama yang punya kontribusi seperti Kang Idang, ada Kang Candra Darusman. Nah itu orang-orang hebat yang sudah jarang main, nah itu kan menarik, sangat beragam. Yang untuk generasi sepuh-sepuh ada, lalu yang muda-muda ada, yang kelas rakyat juga ada," kata Djaduk.

Tahun ini, kedua pertunjukan jazz tersebut mengangkat tema yang sama yakni "Jazz Bersaksi untuk Ibu Pertiwi". Menurut Djaduk, hal ini merujuk pada keberagaman di Indonesia.

"Bagaimana kita ngomongin Indonesia akhir-akhir ini ketika ada persoalan-persoalan kita sangat beragam. Mudah-mudahan kita tidak berpecah, NKRI tetap bersatu, saling bisa menghargai, dengan jazz ini lah kita bersatu kembali," ujarnya.

Jazz Gunung Bromo akan dilaksanakan di Amfiteater terbuka di Jiwa Jawa Resort Bromo, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Musisi yang akan tampil di antaranya Tompi, Debu, Yuri Mahatma Quartet, Gugun Blues Shelter, Jazz Malang Community, Idang Rasjidi, Didi Kempot dan Ricad Hutapea, Tristan, Voyager 4 dan lainnya.

Tiket hariannya dijual sesuai kelas, yakni VVIP Rp 1,25 juta, VIP B Rp 750 ribu, VIP A Rp 650 ribu, dan Festival Rp 450 ribu. Untuk tiket terusan VVIP Rp 2 juta, VIP B Rp 1,35 juta, VIP A Rp 1,15 juta, dan Festival Rp 800 ribu.

Jazz Gunung Ijen akan diselenggarakan di Amfiteater Taman Gandrung Terakota, Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Musisi yang akan hadir dalam acara ini adalah Tompi, Yura Yunita, Parkdrive, dan lainnya. Untuk tiket reguler dijual dengan harga Rp 500 ribu dan premium Rp 800 ribu.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA