Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Kucing Tahu Kalau Namanya Dipanggil

Ahad 07 Apr 2019 07:20 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Seekor kucing peliharaan karyawan Ferray Corp di saat istirahat.

Seekor kucing peliharaan karyawan Ferray Corp di saat istirahat.

Foto: Toru Hanai/Reuters
Kucing bereaksi ketika namanya dipanggil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kucing rumahan dapat merespons suara yang menyebut nama mereka. Tidak mengherankan bagi Anda atau sebagian besar pemilik kucing, bukan?

Seperti dilansir dari laman AP News, Ahad (6/4), para ilmuwan Jepang mengatakan bahwa mereka telah memberikan bukti eksperimental pertama bahwa kucing dapat membedakan antara kata-kata yang manusia sebut.

Jadi kucing, seperti anjing yang komunikasinya dengan orang-orang telah dipelajari lebih banyak, telah terbukti mengenali ratusan kata jika mereka sangat terlatih. Atsuko Saito dari Universitas Sophia di Tokyo mengatakan tidak ada bukti bahwa kucing benar-benar mengaitkan makna kata-kata manusia, bahkan dengan nama mereka sendiri.

Sebagai gantinya, kucing telah belajar bahwa ketika mendengar namanya, ia sering mendapat hadiah seperti makanan, diajak bermain, atau menerima sesuatu yang buruk, seperti perjalanan ke dokter hewan. Kucing juga sering mendengar nama mereka jadi suara itu menjadi istimewa, bahkan jika mereka tidak benar-benar mengerti itu mengacu pada identitas mereka.

Saito dan rekannya menggambarkan hasil penelitian mereka di jurnal Scientific Reports. Dalam empat percobaan dengan 16 hingga 34 hewan, setiap kucing mendengar rekaman suara pemiliknya atau suara orang lain, yang perlahan-lahan melafalkan daftar empat kata benda atau nama-nama kucing lain, diikuti dengan nama kucing itu sendiri.

Banyak kucing awalnya bereaksi - seperti dengan menggerakkan kepala, telinga atau ekor mereka, tapi secara bertahap kehilangan minat ketika kata-kata itu dibacakan. Pertanyaan krusial adalah apakah mereka akan lebih menanggapi nama mereka. Cukup yakin, rata-rata, kucing-kucing ini menjadi gembira ketika mereka mendengar nama mereka sendiri.

Kristyn Vitale, yang mempelajari perilaku kucing dan ikatan kucing-manusia di Oregon State University di Corvallis, tapi tidak berpartisipasi dalam penelitian baru ini, mengatakan bahwa hasilnya "sangat masuk akal bagi saya."

Vitale, yang mengatakan bahwa ia telah melatih kucing untuk merespons perintah verbal, setuju bahwa hasil baru itu tidak berarti bahwa kucing memberikan rasa diri pada nama mereka. Ini lebih seperti dilatih untuk mengenali suara, katanya.

Monique Udell, yang juga mempelajari perilaku hewan di Oregon State, mengatakan penelitian ini menunjukkan "kucing memperhatikan Anda, apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan, dan mereka belajar darinya."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA