Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Alasan Lelaki Mendamba Pasangan Seperti Sosok Ibu

Rabu 17 Apr 2019 21:31 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih

Hubungan mesra dengan pasangan (ilustrasi)

Hubungan mesra dengan pasangan (ilustrasi)

Foto: Womanitely
Tak jarang lelaki mendamba pasangan hidup yang sifatnya mirip ibu

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON — Dalam kehidupan, seorang anak laki-laki tak jarang menginginkan pasangan yang punya sifat seperti ibunya. Begitu pun sebaliknya, anak perempuan merasa lebih klop dengan lelaki yang bersifat seperti sosok ayahnya.

Hal ini pun kemudian coba dipelajari lewat penelitian. Dilansir dari NZ Herald pada Rabu (17/4), studi menemukan dua per tiga laki-laki jatuh cinta terhadap perempuan yanh mirip dengan sosok ibunya.

Sebuah tes kepribadian yang diberikan kepada para ibu dan istri atau pacar pria Inggris menemukan mereka cenderung memiliki banyak kesamaan. Pria yang ibunya memiliki nilai-nilai kuat, seperti menghargai pendapat orang lain dan bersikap baik hati, nampak mencari hal yang sama pada sosok kekasihnya.

Mereka yang tumbuh dengan ibu yang penuh kasih sayang juga cenderung memiliki istri atau pacar dengan sifat yang sama. Bahkan menurut penelitan dating web eHarmony, para ibu berbagi lebih banyak sifat dengan istri atau pacar putra mereka daripada yang mereka miliki dengan keturunan mereka sendiri.

Pakar relationship eHarmony, Rachel Lloyd, mengatakan biasanya memang kita cenderung dekat ke orang-orang yang memiliki sifat yang sama dengan kita. “Pada tingkat yang berbeda-beda, kita berupaya menciptakan kembali aspek-aspek dari hubungan asli kita dengan orang tua kita. Dengan ibu sebagai pengasuh utama kita dalam hidup, tidak heran pria tertarik pada wanita yang memiliki nilai-nilai yang sama,” ujar Rachel.

Penelitian itu dilakukan dengan melibatkan pria, pasangan wanita, dan ibu. Mereka kemudian diminta untuk menilai diri mereka sendiri untuk 18 ciri kepribadian mulai dari ekstroversi hingga stabilitas emosional.

Penelitian ini mencakup 53 pria, ibu mereka, dan wanita yang telah menjalin hubungan selama setidaknya satu tahun. Ciri-ciri utama yang dimiliki bersama para ibu dan istri termasuk diantaranya adalh bersikap baik, toleran, dan monogami.

“Saat seorang pria tumbuh di rumah tangga yang toleran hingga memandang ibu yang empatik sebagai panutan, maka pria tertarik pada wanita yang mewujudkan sifat-sifat ini. Jika seorang pria dibesarkan dalam rumah tangga dengan seorang ibu dalam hubungan monogami yang berkomitmen, maka pria juga berharap akan berharap sang kekasih juga akan melakukan hal tersebut,” ujarnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA