Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Ulang Tahun Ke-93, Ini Lima Fakta Soal Ratu Elizabeth II

Senin 22 Apr 2019 04:16 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ratu Elizabeth bertopi sesuai tradisi Royal Ascot.

Ratu Elizabeth bertopi sesuai tradisi Royal Ascot.

Foto: EPA
Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahun ke-93 pada Ahad (21/4)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Ratu Elizabeth II merayakan hari ulang tahunnya pada Ahad (21/4). Ia berulang tahun ke-93 tahun.

Ada beberapa fakta menarik terkait ulang tahunnya kali ini. Pertama, lebih dari 80 persen orang Inggris tidak mengalami kehidupan di bawah penguasa lain  manapun setelah lahir, ketika Elizabeth naik takhta pada 6 Februari 1952.

Seperti yang dilansir dari Malay Mail, Ahad (21/4), hal tersebut diungkapkan menurut Kantor Statistik Nasional Inggris. Dia telah memerintah lebih dari 14 perdana menteri dan naik takhta selama masa pemerintahan Winston Churchill. Elizabeth II juga telah bertemu dengan 11 dari 12 presiden Amerika Serikat di kantor dan menandatangani lebih dari 3.500 rancangan menjadi undang-undang.

Kedua, sang Ratu lahir pada 21 April 1926 di 17 Buton Street di lingkungan Mayfair kelas atas di London. Saat ini tempat itu menjadi restoran Cina kelas atas yang hidangaan khasnya meliputi ikan silver cod panggang dengan sampanye.

Elizabeth II memiliki ulang tahun resmi lain pada Sabtu kedua bulan Juni. Ulang tahun ini dirayakan secara terbuka.

Tradisi ulang tahun ganda dimulai oleh Raja George II pada 1748 yang ingin memiliki perayaan musim panas. Ketiga, Elizazbeth II telah menjadi pecinta binatang sepanjang hidupnya.

Perempuan ini sangat menyukai kuda dan anjing. Sang ratu telah memiliki lebih dari 30 anjing corgi dan bahkan menciptakan jenis baru, dorgi (persilangan antara corgi dan dachshund).

Ia mewarisi beberapa kuda balap keturunan asli setelah ayahnya Raja George VI meninggal 1952. Tak hanya itu, mendiang Raja George VI juga memiliki seekor gajah, jaguar hitam, buaya, angsa, lumba-lumba dan sturgeon.

Keempat, meskipun Elizabeth II tidak berkewajiban membayar pajak secara hukum, ia mulai secara sukarela membayar pajak penghasil atas penghasilan pribadinya sejak 1992. Kelima, ia merupakan penggemar teknologi.

Elizabeth II pernah menjabat sebagai mekanik truk dalam Perang Dunia II. Ia mengirim email pertamanya pada 1976, mengirim pesan ke bulan oleh Neil Amstrong dan Buzz Aldrin pada 1969, serta mengunggah tweet pertama kali pada 2014.

Pun, Ratu membuat unggahan Instagram pertamanya bulan lalu. Penobatannya pada 1953 adalah yang pertama kali disiarkan televisi. Pada 2012, pidato Natal tahunannya tersedia di podcast.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA