Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Dalang Asal Polandia Pentaskan Wayang Kulit

Sabtu 08 Jun 2019 01:37 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pelajar Sekolah Dasar mengamati wayang kulit saat berkunjung ke Museum Wayang, Jakarta, Jumat (16/11).

Pelajar Sekolah Dasar mengamati wayang kulit saat berkunjung ke Museum Wayang, Jakarta, Jumat (16/11).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Dalang adalah alumni kampus Darmasiswa di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertunjukan Wayang kulit dengan dalang Mariana Lis, asal Polandia dengan mengunakan bahasa setempat menjadi satu daya tarik bagi pengunjung Festival Internasional Warsawa. Pestival ini berlangsung di ibu kota Polandia, Warsawa, pada akhir pekan, (1-2/6).

Dubes Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah mengatakan Festival international yang pertama kali diadakan di Taman Kota Agrykola Park itu bertujuan untuk menyambut musim panas. Festival ini juga sekaligus mempromosikan multikulturalism di ibu kota Warsawa.

Mariana Lis adalah alumni Program Darmasiswa Indonesia. Ia tampak dengan lincah dan lancar memainkan wayang, yang kisahnya disesuaikan dengan penonton lokal.

Pertunjukan wayang diiringi gamelan yang juga dimainkan secara langsung oleh beberapa alumni Darmasiswa. Mereka antara lain Marianna Lis, Tomasz Matlingiewicz, Dennissee Peralta dan Dawid Martin serta beberapa pelajar Indonesia anggota Persatuan Pelajar Indonesia Polandia.

Menurut Dubes, selain Paviliun Indonesia juga terdapat paviliun internasional lainnya yang ikut memeriahkan festival itu antara lain dari Vietnam, Thailand, India, Tunisia, Yunani, Italia dan Turki.

Paviliun Indonesia selain menampilkan wayang juga permainan musik gamelan, kerajinan tangan, kuliner khas Indonesia. Oeng tahu, martabak telur, rendang, dadar gulung, perkedel, bolen pisang dan risoles meramaikan paviliun.

Siti menilai alumni Program Darmasiswa dan PPI adalah aset bangsa yang berkontribusi besar dalam kegiatan promosi Indonesia di luar negeri. "Saat ini terdapat sekitar 400 alumni darmasiswa di seluruh Polandia", katanya.


sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA